BAKTI SOSIAL DONOR DARAH PEMUDA PEMUDI LANGGEN TAHUN 2021

 

Langgenharjo- Juwana Kegiatan donor darah yang akan dilaksanakan pada 28 februari 2021 di balai Desa Langgenharjo bekerjasama dengan Pemerintah Desa Langgenharjo, Palang Merah Indonesia (PMI), Pemuda Pemudi Langgen, Rumah Baca Kreatif, Puskesmas Juwana, Karang Taruna Desa Langgenharjo, dan segenap organisasi pendukung. Kegiatan donor sarah tersebut sebagai acara rutin yang diselengarakan setiap tahunya.

Berdasarkan peraturan Pemerintah N0. 7/ 2011 tentang Pelayanan Darah menyebutkan penyelenggaraan donor darah dan pengolahan darah dilakukan oleh Unit Donor Darah (UDD) yang diselenggarakan oleh organisasi sosial dengan tugas pokok dan fungsinya di bidang Kepalangmerahan atau dalam hal ini Palang Merah Indonesia (PMI).

Menurut website PMI, mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, akan membuat tubuh terpacu memproduksi sel-sel darah baru, sedangkan fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga donor menjadi sehat. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan