GAMBARAN UMUM DESA LANGGENHARJO

PROFIL

DESA LANGGENHARJO KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PATI

1.1           Gambaran Umum Wilayah

Desa Langgenharjo merupakan salah satu desa di Kecamatan Juwana yang terletak di bagian utara Kabupaten Pati. Desa Langgenharjo memiliki luas wilayah sebesar 289,3 ha/m² Berikut adalah batas – batas administrasi Desa Langgenharjo sebagai berikut :

Sebelah Utara                   : Desa Agungmulyo Kecamatan Juwana

Sebelah Selatan               : Desa Margomulyo Kecamatan Juwana

Sebelah Timur                  : Desa Bakaran Kulon Kecamatan Juwana

Sebelah Barat                   : Desa Bangsalrejo Kecamatan Wedarijaksa

1.2          Karakteristik Wilayah Desa Langgenharjo        

Karakteristik Fisik Wilayah Desa Langgenharjo

Desa Langgenharjo memiliki luas wilayah sebesar 289,3 ha/m². Desa Langgenharjo ini memiliki ketinggian 0 – 50 m dari permukaan air laut. Desa Langgenharjo ini memiliki potensi alam dan kondisi fisik yang datar. Topografi wilayah ini dibagi menjadi berupa daratan rendah. Seluruh wilayahnya merupakan dataran rendah yang tergolong memiliki Janis tanah alluvial (dataran rendah pantai) karena berada dipinggiran pantai Laut Jawa.

Karakteristik Penggunaan Lahan Desa Langgenharjo

Penggunaan lahan di Desa Langgenharjo adalah mayoritas digunakan untuk persawah dan selebihnya digunakan pemukiman, kuburan, perkantoran, dan luas prasarana umum. Lahan persawahan terdiri dari 235,1 ha/m². Lahan Sawah tersebut terdiri dari sawah tadah hujan. Sedangkan penggunaan lahan pemukiman 49,9 ha/m², lahan prasarana umum 2,65 ha/m², lahan kuburan 1,5 ha/m² dan lahan perkantor 0,2 ha/m².

Karakteristik Penduduk dan Demografi Desa Langgenharjo

Desa Langgenharjo memiliki jumlah penduduk terbesar kedua di Kecamatan Juwana yakni sejumlah 6.113 jiwa dan kepadatan penduduk 21,1303 jiwa/km2. Jumlah penduduk ini terbagi penduduk laki-lak 3134 jiwa i dan penduduk perempuan 2978 jiwa.

Karakteristik Kegiatan Ekonomi Desa Langgenharjo

Kegiatan perekonomian di Desa Langgenharjo mayoritas pertanian dan perikanan. Sedangkan mata pencahariaan lain masyarakat Desa Langgenharjo berupa perdagangan, industri, sopir, buruh tani, PNS, dan karyawan swasta. Pertanian dan perikanan adalah mata pencahariaan utama menunjang perekonomian karena dilihat dari lahan sawah yang potensial.

Kondisi Aspek Lain Desa Langgenharjo              

Aspek Kelembagaan Masyarakat

Terdapat beberapa lembaga untuk kepentingan masyarakat,baik lembaga negri maupun swasta. Lembaga-lembaga ini bersifat publik atau umum dan bertugas melayani masyarakat.

BADAN PERMUSYAWARATAN DESA ( BPD )

DESA LANGGENHARJO MASA BAKTI TAHUN 2019 – 2024

LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT  DESA ( LPMD )

DESA LANGGENHARJO MASA BAKTI TAHUN 2019 – 2024

Aspek Sosial dan Budaya

Di bidang pendidikan, Desa Langgenharjo juga sudah memadai. Terdapat 2 PAUD, 2 Taman Kanak-kanak, 2 SD, 1 MI, 1 Ibtidayah (SD Sederajat) , 1 Tsanawiyah (SMP Sederajat), 1 Aliyah (SMA Sederajat), dan 1 pondok pesantren. Dibidang kesehatan Desa Langgenharjo memiliki 1 Puskesmas pembantu yang baru dibagun pada tahun 2016. Dibidang keagamaan terdapat 2 masjid dan … mushola.

Budaya dan seni di Desa Langgenharjo ini masih menjunjung tradisi dahulu dan memiliki adat istiadat Seperti adanya kebudayaan sedekah bumi dan suronan yang dilakukan setiap tahun sebagai ucap syukur terhadap hasil bumi selama satu tahun.

Aspek Pemerintahan

Desa Langgenharjo ini dipimpin oleh seorang kepala desa dan terdiri dari 6 dukuh yaitu Dukuh Kincir Kulon, Dukuh Kincir Tengah, Dukuh Kincir Wetan, Dukuh Langgen, Dukuh Langgen Sawahan dan Dukuh Karang Tawang. Desa Langgenharjo ini memliki 4 RW, 29 RT dan kurang lebih 1.928 KK. Dukuh Kincir Kulon terdiri dari 5 RT, Dukuh Kincir Tengah terdiri dari 6 RT, Dukuh Kincir Wetan terdiri dari 6 RT, Dukuh Langgen terdiri dari 8 RT, Dukuh Langgen Sawahan 3 RT, dan Dukuh Karang Tawang 1 RT.